Yang Terpenting Dalam Berbisnis (Tips dan Inspirasi)


Dari sekian banyak teori-teori yang ada, yang paling utama dalam berbisnis adalah ketekunan dan kesabaran. Jika anda termasuk minim dalam hal dana, tidak perlu berkecil hati, anda bisa memulainya dari yang kecil. Bahkan jika anda tidak memiliki dana sekalipun anda masih bisa menjalankan bisnis impian anda. Anda bisa mengajak saudara atau teman yang bisa diajak untuk berkerjasama.
Anda bisa menjual ide-ide bisnis anda kepada teman-teman anda yang tidak memiliki ide bisnis namun cukup dalam hal keuangan. Atau jika perlu pinjam ke bank tanpa agunan. Banyak yang memanfaatkan kredit di bank, yang akhir-akhir ini semakin mudah syarat–syaratnya. Yang penting dalam pinjam meminjam kita menunjukkan sikap yang dapat dipercaya, transparan terhadap bank akan memudahkan kita jika nantinya masih berkeinginan untuk melanjutkan kredit yang lebih besar lagi. Misalnya terjadi kemacetan dalam kredit, bank bisa membantu mencari solusinya.
Tidak sedikit orang yang sukses dan menjadi pengusaha besar, yang dulunya dimulai dari kecil–kecilan. Pernahkah anda menyangka seorang pemulung akan menjadi pengusaha besar? Dan bisa menyekolahkan anak-anaknya sampai ke amerika? Tentu bukan karena si pemulung menikah dengan anak orang kaya, yang orang tuanya meninggal terus dapat warisan, tetapi kesabaran dan ketekunan dia dalam mengelola usahanya yang ia rintis dari kecil.
Mulai dari mencari barang-barang bekas di tempat sampah, memungut botol-botol plastik, dan akhirnya bisa mendirikan usaha kecil dengan membeli kertas bekas, besi bekas, dll. Lalu ia selalu menginvestasikan sebagian penghasilannya untuk bisnis jangka panjangnya tersebut. Hingga akhirnya usaha jual beli barang bekas mengalami kemajuan, dari hasil tabungan ia belikan alat-alat berat untuk mendukung usahanya, yang tidak semua pengusaha sejenis memilikinya.
Jadi apapun usaha yang akan anda jalankan, janganlah modal selalu dijadikan alasan untuk tidak memulai usaha. Belajarlah dengan orang-orang yang sudah berpengalaman dalam hal pencarian modal. Jiwa bisnis anda lebih penting dari pada sekedar modal. Sebanyak apapun modal anda, apabila anda tidak memiliki jiwa bisnis, maka akan sia-sia. Teruslah melatih dan mengasah jiwa bisnis anda, maka dengan sendirinya jiwa anda akan lebih peka terhadap bisnis. Sehingga apapun yang ada dihadapan anda bisa dijadikan bisnis.....

0 komentar

Post a Comment