Contoh Proposal Seminar IT

Team Of Refrence
SEMINAR Informasi dan Teknologi

 I. ARAS WACANA

Dalam perkembangan global saat ini, sudah banyak fenomena-fenomena yang terjadi, begitupun dengan Indonesia yang dimana semua permasalahan makin kompleks. Terutama dalam hal sains dan teknologi. Seperti kita ketahui bahwa dengan masuknya era globalisasi yang dimana kita dituntut untuk mengadakan penguatan di semua begitupula dalam bidang sains dan teknologi. Di tengah era pasar bebas yang cenderung menciptakan kompetisi yang ketat antar individu yang mendorong paindividu untuk memiliki skill yang menunjang dalam penciptaan lapangan pekerjaan, dibutuhkan kemampuan untuk bisa menguasai teknologi yang semakin hari semakin berkembang dan semakin canggih.
Oleh karena itu, salah satu upaya yang dilakukan untuk memanfaatkan perkembangan teknologi sacara optimal adalah dengan diselenggarakannya seminar Informasi dan Teknologi yang tentunya sangat dibutuhkan. Selain itu kita dapat membekali diri dengan keterampilan dalam bidang internet, yaitu dunia yang penuh dengan informasi. Tentunya tidak hanya sekedar dapat mencari informasi untuk penunjang pendidikan saja, tetapi juga dengan internet kita bisa menghasilkan uang dan berbagai peluang kerja. Dunia kerja mayoritas membutuhkan orang-orang yang cerdas, memiliki kemampuan dalam bidang ilmu dan teknologi juga bahasa Inggris. Bahkan dalam dunia pendidikan pun teknologi sangat berperan penting dalam membantu penyelesaian tugas dan komunikasi dengan guru/dosen melalui milis. Melalui adanya seminar Informasi dan Teknologi ini nantinya kita akan mempunyai bekal dalam menghadapi dunia kerja terutama bekal tentang teknologi. Selain itu juga dapat membantu kesulitan-kesulitan mahasiswa dalam pengoperasian milis dan segala sesuatu yang berhubungan dengan Informasi dan Teknologi dalam upaya untuk menambah kemampuan.
             Mencermati kondisi sosial masyrakat dewasa ini, kita tentunya tidak akan terlepas dari fenomena kehidupan yang disebut modernitas. Seperti yang telah digambarkan diatas bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi dasar dari kondisi tersebut. Perkembangan Informasi dan Telekomunikasi sangat membawa pengaruh yang cukup signifikan terhadap pola tatanan kehidupan masyrakat yang sangat baik bersifat konsumeristik.
II. LANDASAN YURIDIS
Kegiatan ini merupakan kegiatan yang bersifat formal dibawah institusi yang sah. Oleh karena itu sebagai legalitas kegiatan landasan yang digunakan adalah sebagai berikut :
1.      Tri Dharma Perguruan Tinggi
2.      Pola pembinaan dan pengembangan mahasiswa.
3.      Undang – Undang no. 2 tahun 1992 tentang Sistem Pendidikan Tinggi.
4.      Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi.
5.      Program kerja pengurus Himpunan Mahasiswa Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.

III. TUJUAN KEGIATAN
Tujuan diselenggarakan Seminar Informasi dan Teknologi ini adalah untuk:
1.      Salah satu upaya untuk mensukseskan program kerja Himpunan Mahasiswa Elektronika
2.      Meningkatkan Sumber Daya Manusia yang handal di bidang Informasi dan Teknologi
3.      Mendorong minat masyarakat untuk lebih mendalami Informasi dan Teknologi yang semakin vital
4.      Mahasiswa dapat mengoptimalkan fungsi Teknologi terutama Internet dan dapat mengaplikasikannya

IV. NAMA DAN TEMA KEGIATAN
Kegiatan ini bernama Seminar Informasi dan Teknologi dengan tema Tantangan Penerapan IT Dalam Pendidikan Masa Depan"

V. PESERTA
Peserta kegiatan Seminar Informasi dan Teknologi adalah Pelajar/Mahasiswa, guru/dosen dan Masyarakat umum yang dibatasi jumlahnya sebanyak 100 peserta dan ditambah panitia dan pengurus Himpunan Mahasiswa Elektronika FT UNM.

VI. TEMPAT DAN WAKTU KEGIATAN
Kegiatan seminar Ilmu dan Teknologi ini dilaksanakan pada
·         Hari / Tanggal : Sabtu, 10 Januari 2010
·         Waktu : 09.00 – 16.00
·         Tempat : Gedung Amannagappa Universitas Negeri Makassar

VII. BENTUK KEGIATAN
Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk seminar, yang terdiri dari tiga materi:
1.      Materi I yaitu Pemanfaatan IT sehingga bisa menunjang pendidikan. Materi ini menjelaskan tentang IT yang bisa menunjang kelancaran pendidikan.
2.      Materi II yaitu Bagaimana berbisnis lewat internet. Materi ini menjelaskan tentang bagaimana cara berbisnis yang dapat menghasilkan uang melalui internet.
3.      Materi III yaitu Pemanfaatan IT sehingga bisa menunjang dunia kerja. Materi ini menjelaskan tentang bagaimana memanfaatkan IT sehingga dapat menunjang kinerja kita dalam dunia kerja.

VIII. SUSUNAN PANITIA
Susunan panitia pelaksana kegiatan kegiatan seminar Informasi dan Teknologi sebagaimana terlampir dalam lampiran I.

IX. ANGGARAN DANA
Anggaran penggunaan dana untuk Seminar Informasi dan Tekologi sebagaimana terlampir dalam lampiran II.
X. SUSUNAN ACARA
Susunan acara kegiatan Seminar Ilmu dan Teknologi sebagaimana terlampir dalam lampiran III.

XI. PENUTUP
Atas nama Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, kami selaku panitia mengharapkan dukungan moril maupun materiil untuk kesuksesan kegiatan Seminar Informsi dan Teknologi ini. Hal-hal yang belum tercantum dalam proposal ini akan diatur kemudian. Semoga kegiatan ini terselenggara sesuai dengan harapan dan keinginan kita dan Allah SWT berkenan meridhoi kita, Amin.

3 komentar

INDRI 18 December 2012 at 10:47

lampiran II nya mana?

Anonymous
This comment has been removed by the author.
Anonymous

blh mnta lampirn ke 2 ny kgk ?? krm ke email aku donk fizkifutri@gmail.com

Post a Comment