Permasalahan Sosial Budaya Indonesia Saat Ini

Sobat Fullpaper.... topik yang kita bicarakan di sini adalah tentang permasalahan sosial budaya Indonesia saat ini. Paradigma sosial merupakan kerangka berpikir dalam masyarakat yang menjelaskan bagaimana cara pandang terhadap fakta kehidupan sosial dan perlakuan terhadap ilmu atau teori yang ada. Paradigma ini juga menjelaskan bagaimana meneliti dan memahami suatu masalah, serta kriteria pengujian sebagai landasan untuk menjawab masalah. Menurut Soerjono Soekanto masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.

Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya.
Masalah sosial dapat dikategorikan menjadi 4 (empat) jenis faktor, yakni antara lain :

1. Faktor Ekonomi : Kemiskinan, pengangguran, dll.
2. Faktor Budaya : Perceraian, kenakalan remaja, dll.
3. Faktor Biologis : Penyakit menular, keracunan makanan, dsb.
4. Faktor Psikologis : penyakit syaraf, aliran sesat, dsb.

Akhir akhir ini di Indonesia sering terjadi berbagai masalah,terutama masalah sosial budaya yang disebabkan oleh berbagai macam factor. Masalah sosial budaya yang saya jadikan topic adalah masalah sosial budaya yang disebabkan oleh munculnya berbagai aliran agama yang menyimpang dari ajaran agama yang sebenarnya,  Kenakalan remaja yang akhir-akhir ini sangat populer dan banyak media masa maupun elektronik yang membahas kenakalan remaja, seperti tawuran, menggunakan obat telarang, ugal-ugalan di jalan, merokok, dan parah nya pergaulan bebas seperti melakukan tindakan yang tidak seharus nya dilakukan (free sex). Tindakan seperti inilah yang membuat masyarakat menjadi resah, dan merusak generasi muda saat ini, padahal generasi muda adalah suatu unsur yang sangat penting dalam pembangunan sebuah Negara. Karena generasi muda merupakan ujung tombak dalam perwujutan cita-cita suatu bangsa.

  

0 komentar

Post a Comment