Penilaian Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik

Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotorik merupakan tiga buah kata yang biasa kita dengar, yang tidak pernah terspisahkan namun memiliki definisi yang berbeda. Sebenarnya secara sederhana istilah tersebut mudah di pahami bahwa kognitif itu menyangkut pengetahuan, Afektif itu berkaitan dengan sikap seseorang sedangkan psikomotorik itu sendiri adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan keterampilan seseorang. Dalam dunia pendidikan, ketiga apek ini menjadi yang utama dalam menilai seorang siswa atau peserta didik. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana yang dimaksud dengan penilaian-penilaian tersebut.

Ranah kognitif adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Menurut Bloom, segala upaya yang menyangkut aktivitas otak adalah termasuk dalam ranah kognitif.  Ranah kognitif berhubungan dengan kemampuan berfikir, termasuk didalamnya kemampuan menghafal, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mensintesis, dan kemampuan mengevaluasi. Dalam ranah kognitif itu terdapat enam aspek atau jenjang proses berfikir, mulai dari jenjang terendah sampai dengan jenjang yang paling tinggi. Keenam jenjang atau aspek yang dimaksud adalah:

Pengetahuan: menyebutkan, menunjukkan, menyatakan, menyusun daftar dsb.
Pemahaman : menjelaskan, menguraikan, merumuskan, menerangkan, menyadur dsb.
Penerapan : mendemonstrasikan, menghitung, menghubungkan, membuktikan, dsb.
Analisis :memisahkan, mmemilih, membandingkan, memperkirakan dsb.
Evaluasi : menyimpulkan, mengkritisi, menafsirkan, memberi argumentasi, dsb
Kreasi : mengkombinasikan, mengarang, menciptakan, mendisain, mengatur dsb

Ranah afektif adalah ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai. Beberapa pakar mengatakan bahwa sikap seseorang dapat diramalkan perubahannya bila seseorang telah memiliki kekuasaan kognitif tingkat tinggi. Ciri-ciri hasil belajar afektif akan tampak pada peserta didik dalam berbagai tingkah laku. Seperti: perhatiannnya terhadap mata pelajaran pendidikan agama Islam, kedisiplinannya dalam mengikuti mata pelajaran agama disekolah, motivasinya yang tinggi untuk tahu lebih banyak mengenai pelajaran agama Islam yang di terimanya, penghargaan atau rasa hormatnya terhadap guru pendidikan agama Islam dan sebagainya. Ranah afektif menjadi lebih rinci lagi ke dalam lima jenjang, yaitu: (1) receiving (2) responding (3) valuing (4) organization (5) characterization by evalue or calue complex.

Penerimaan : menanyakan, memilih, mengikuti, menjawab, melanjutkan, dsb
Partisipasi : melaksanakan, membantu, menawarkan diri, menyambut, dsb
Penilaian : melaksanakan, mengambil prakarsa, mengusulkan, membela dsb.
Organisasi : berpegang pada, mengintegrasikan, mengubah, mempertahankan dsb
Pembentukan Pola : bertindak, menyatakan, memperlihatkan, mempersoalkan dsb

Ranah Psikomotorik adalah ranah yang berhubungan dengan aktivitas fisik, misalnya lari, melompat, melukis, menari, memukul, dan sebagainya. Hasil belajar ranah psikomotor dikemukakan oleh Simpson (1956) yang menyatakan bahwa hasil belajar psikomotor ini tampak dalam bentuk keterampilan (skill) dan kemampuan bertindak individu. Hasil belajar psikomotor ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari hasil belajar kognitif (memahami sesuatu) dan dan hasil belajar afektif (yang baru tampak dalam bentuk kecenderungan-kecenderungan berperilaku).

Persepsi : membedakan, menunjukkan, memilih, menghubungkan dsb
Kesiapan (menyiapkan diri fisik/mental) : mengawali, bereaksi, mempersiapkan, menanggapi, memprakarsai, dsb.
Gerakan terbimbing (meniru contoh) : mempraktikan, mengikuti, mengerjakan, membuat, mencoba, dsb.
Gerakan terbiasa (berpegang pada pola): mengoperasikan, memasang, mendemonstrasikan, mengerjakan, dsb.
Gerakan kompleks (berketerampilan secara lancar,luwes,gesit): mengoperasikan, mendemonstrasikan, mengerjakan, dsb.
Penyesuaian pola gerak bervariasi dan kreatif : mengubah, mengadaftasikan, membuat variasi, merancang, menciptakan, mendesain, merencanakan dsb.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Penilaian Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik. Semoga bermanfaat. ^_^

0 komentar

Post a Comment