Judul : Perbedaan
Karakteristik Dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Sistem Penerimaan Masuk Jalur PMJK/PMDK Dan SNMPTN Pada Jurusan
Pendidikan Teknik Elektronika
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
belakang
Berbagai upaya telah dilakukan
pemerintah dalam meningkatkan kualitaspendidikan di Indonesia. Banyak pula solusi yang telah ditawarkan oleh para
praktisi dan institusi pendidikan untuk mempermudah proses, gaya belajar mengajar
dan manajemen pendidikan yang diantaranya adalah meningkatkan minat dan
motivasi peserta didik dalam pencapaian hasil belajar yang maksimal. Karena
peserta didik adalah salah satu indikator pencapaian kualitas dan sumber daya
manusia yang bersentuhan langsung dengan dunia pendidikan. Jurusan Pendidikan
Teknik Elektronika merupakan salah satu instusi penyelenggara pendidikan.
Sistem rekruitmen dan seleksi calon
mahasiswa pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika ditempuh melalui beberapa
jalur, yaitu melalui Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) yang
sekarang disebut Sistem Nasional Penerimaan Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan melalui Penerimaan Mahasiswa Jalur Khusus atau Penelusuran MinatDan Kemampuan (PMJK/PMDK). Bakat, minat maupun motivasi menjadi sebuah
pertimbangan dalam merekrut mahasiswa. Berkaitan dengan karakteristik peserta
didik, Susilowati Andari (2009:4) mengemukakan bahwa “Terdapat pengaruh yang
signifikan antara minat dan motivasi dengan hasil belajar itu sendiri”. Hal ini
membuktikan bahwa karakteristik selalu berkontribusi dalam pencapaian hasil
belajar seorang peserta didik.
Mahasiswa yang diterima melalui jalur
PMJK/PMDK adalah siswa-siswi yang tergolong pintar dari sekolah asalnya,
sedangkan yang lewat jalur SPMB/SNMPTN adalah siswa-siswa yang tingkat
pengetahuannya bervariasi.
Kedua kelompok
mahasiswa tersebut akan mengalami perlakuan yang sama dalam prosespembelajaran, tidak ada kelas khusus akan tetapi berbaur satu sama lain. Tidak
dikenal lagi mahasiswa jalur PMJK/PMDK atau jalur SPMB/SNMPTN bahkan jalur PMJK
tidak ada pemantauan sama sekali dari pimpinan perihal hasil akademiknya.
Mahasiswa jalur PMJK/PMDK dan SNMPTN
menempuh penilaian yang sama yang meliputi kuis, ujian tengah semester dan
ujian akhir semester untuk setiap mata kuliah yang diajarkan. Tingkat
keberhasilan kedua kelompok mahasiswa tersebut dapat dilihat dari indeks hasil
(IP) yang diperoleh mahasiswa pada setiap akhir semester. Saat ini belum ada
data yang bisa dijadikan rujukan untuk melihat perbandingan IP kedua kelompok
tersebut. Mahasiswa jalur PMJK diduga memiliki hasil akademik yang lebih unggul
dibanding jalur SPMB, karena berasal dari siswa-siswa yang unggul yaitu siswa
yang memiliki hasil minimal rangking lima besar di kelasnya.
Berdasarkan temuan tersebut diatas
menimbulkan pertanyaan apakah mahasiwa jalur PMJK/PMDK memiliki prestasi
akademik yang demikian itu selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Oleh
karena itu, penting dilakukan penelitian untuk menemukan perbedaan hasil belajar
kedua kelompok mahasiswa tersebut dengan harapan dapat menjadi bahan masukan dalam
kelancaran pelaksanaan perkuliahan setelah mengetahui karakteristik dan hasil
belajar mahasiswa pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik
Universitas Negeri Makassar.
B.
Identifikasi
Masalah
Adapun identifikasi
masalah dalam penelitian ini adalah:
11.
Karakteristik mahasiswa yang meliputi
bakat, minat dan motivasi belajar.
22. Belajar dan faktor-faktor yangmempengaruhi hasil belajar mahasiswa.
33.
Mahasiswa jalur PMDK/PMJK dan SNMPTN
Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika.
44. Identifikasi karakteristik mahasiswa
angkatan 2009-2011 Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri
Makassar.
55.
Rata-rata IP (Indeks Hasil) mahasiswa
jalur PMJK/PMDK dan SNMPTN angkatan 2009-2011.
66. Perbedaan karakteristik dan hasil
belajar mahasiswa kelompok PMJK/PMDK dan kelompok SNMPTN
C.
Batasan
Masalah
Pokok
bahasan dalam penelitian ini dibatasi pada masalah “perbedaan
karakteristik dan hasil belajar mahasiswa angkatan 2009-2011 berdasarkan sistem
penerimaan masuk jalur PMDK/PMJK dan SNMPTN pada Jurusan Pendidikan Teknik
Elektronika Universitas Negeri Makassar”.
D.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang dan
identifikasi masalah dan batasan masalah di atas, maka rumusan masalahnya yaitu:
11. Bagaimanakah karakteristik mahasiswa
Pendidikan Teknik Elektronika Angkatan 2009-2011 Jalur PMJK/PMDK dan SNMPTN?
22.
Bagaimanakah hasil belajar mahasiswa
berdasarkan rata-rata IP (Indeks Prestasi) pada Jurusan Pendidikan Elektronika Angkatan
2009-2011 Jalur PMJK/PMDK dan SNMPTN?
33.
Apakah ada perbedaan karakteristik dan hasilbelajar mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika Angkatan 2009-2011 jalur
PMJK/PMDK dan SNMPTN?
E.
Tujuan
penelitian
Tujuan yang akan dicapai dalam
penelitian ini adalah :
11. Menganalisis karakteristik mahasiswa
Pendidikan Teknik Elektronika angkatan 2009-2011 jalur PMJK/PMDK dan SNMPTN.
22.
Mengetahui hasil belajar dengan
rata-rata IP (Indeks Prestasi) mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika Angkatan
2009-2011 Jalur PMJK/PMDK dan SNMPTN.
33.
Mengetahui perbedaan karakteristik dan hasil
belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika Angkatan 2009-2011 Jalur
PMJK/PMDK dan SNMPTN
F.
Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan memberi
manfaat sebagai berikut:
11. Meningkatkan wawasan mahasiswa sebagai
calon guru kususnya untuk belajar memecahkan masalah pembelajaran berkaitan dengan karakteristik belajar Mahasiswa
Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri
Makssar melalui penelitian.
22.
Bagi Jurusan Pendidikan Teknik
Elektronika, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan dalam
kelancaran pelaksanaan perkuliahan, dengan mengetahui karakteristik dan hasil
belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik
Universitas Negeri Makassar....
0 komentar
Post a Comment