Contoh Judul Proposal Skripsi (Bab 1)

Judul   :   Perbedaan Karakteristik Dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Sistem Penerimaan Masuk  Jalur PMJK/PMDK Dan SNMPTN Pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar belakang
           Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah dalam  meningkatkan kualitaspendidikan di Indonesia. Banyak pula solusi yang telah ditawarkan oleh para praktisi dan institusi pendidikan untuk mempermudah proses, gaya belajar mengajar dan manajemen pendidikan yang diantaranya adalah meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam pencapaian hasil belajar yang maksimal. Karena peserta didik adalah salah satu indikator pencapaian kualitas dan sumber daya manusia yang bersentuhan langsung dengan dunia pendidikan. Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika merupakan salah satu instusi penyelenggara pendidikan.
           Sistem rekruitmen dan seleksi calon mahasiswa pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika ditempuh melalui beberapa jalur, yaitu melalui Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) yang sekarang disebut Sistem Nasional Penerimaan Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan melalui Penerimaan Mahasiswa Jalur Khusus atau Penelusuran MinatDan Kemampuan (PMJK/PMDK). Bakat, minat maupun motivasi menjadi sebuah pertimbangan dalam merekrut mahasiswa. Berkaitan dengan karakteristik peserta didik, Susilowati Andari (2009:4) mengemukakan bahwa “Terdapat pengaruh yang signifikan antara minat dan motivasi dengan hasil belajar itu sendiri”. Hal ini membuktikan bahwa karakteristik selalu berkontribusi dalam pencapaian hasil belajar seorang peserta didik.
           Mahasiswa yang diterima melalui jalur PMJK/PMDK adalah siswa-siswi yang tergolong pintar dari sekolah asalnya, sedangkan yang lewat jalur SPMB/SNMPTN adalah siswa-siswa yang tingkat pengetahuannya bervariasi.
Kedua kelompok mahasiswa tersebut akan mengalami perlakuan yang sama dalam prosespembelajaran, tidak ada kelas khusus akan tetapi berbaur satu sama lain. Tidak dikenal lagi mahasiswa jalur PMJK/PMDK atau jalur SPMB/SNMPTN bahkan jalur PMJK tidak ada pemantauan sama sekali dari pimpinan perihal hasil akademiknya.
           Mahasiswa jalur PMJK/PMDK dan SNMPTN menempuh penilaian yang sama yang meliputi kuis, ujian tengah semester dan ujian akhir semester untuk setiap mata kuliah yang diajarkan. Tingkat keberhasilan kedua kelompok mahasiswa tersebut dapat dilihat dari indeks hasil (IP) yang diperoleh mahasiswa pada setiap akhir semester. Saat ini belum ada data yang bisa dijadikan rujukan untuk melihat perbandingan IP kedua kelompok tersebut. Mahasiswa jalur PMJK diduga memiliki hasil akademik yang lebih unggul dibanding jalur SPMB, karena berasal dari siswa-siswa yang unggul yaitu siswa yang memiliki hasil minimal rangking lima besar di kelasnya.
        Berdasarkan temuan tersebut diatas menimbulkan pertanyaan apakah mahasiwa jalur PMJK/PMDK memiliki prestasi akademik yang demikian itu selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Oleh karena itu, penting dilakukan penelitian untuk menemukan perbedaan hasil belajar kedua kelompok mahasiswa tersebut dengan harapan dapat menjadi bahan masukan dalam kelancaran pelaksanaan perkuliahan setelah mengetahui karakteristik dan hasil belajar mahasiswa pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.

B.     Identifikasi Masalah
           Adapun identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah:
11.   Karakteristik mahasiswa yang meliputi bakat, minat dan motivasi belajar.
33.   Mahasiswa jalur PMDK/PMJK dan SNMPTN Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika.
44. Identifikasi karakteristik mahasiswa angkatan 2009-2011 Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Makassar.
55.   Rata-rata IP (Indeks Hasil) mahasiswa jalur PMJK/PMDK dan SNMPTN angkatan 2009-2011.
66.   Perbedaan karakteristik dan hasil belajar mahasiswa kelompok PMJK/PMDK dan kelompok SNMPTN

C.    Batasan Masalah
           Pokok bahasan dalam penelitian ini dibatasi pada masalah “perbedaan karakteristik dan hasil belajar mahasiswa angkatan 2009-2011 berdasarkan sistem penerimaan masuk jalur PMDK/PMJK dan SNMPTN pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Universitas Negeri Makassar”.
D.    Rumusan Masalah
           Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah dan batasan masalah di atas, maka rumusan masalahnya yaitu:
11. Bagaimanakah karakteristik mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika Angkatan 2009-2011 Jalur PMJK/PMDK dan SNMPTN?
22.   Bagaimanakah hasil belajar mahasiswa berdasarkan rata-rata IP (Indeks Prestasi) pada Jurusan Pendidikan Elektronika Angkatan 2009-2011 Jalur PMJK/PMDK dan SNMPTN?
33.   Apakah ada perbedaan karakteristik dan hasilbelajar mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika Angkatan 2009-2011 jalur PMJK/PMDK dan SNMPTN?

E.     Tujuan penelitian
           Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah :
11. Menganalisis karakteristik mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika angkatan 2009-2011 jalur PMJK/PMDK dan SNMPTN.
22.   Mengetahui hasil belajar dengan rata-rata IP (Indeks Prestasi) mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika Angkatan 2009-2011 Jalur PMJK/PMDK dan SNMPTN.
33.   Mengetahui perbedaan karakteristik dan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Elektronika Angkatan 2009-2011 Jalur PMJK/PMDK dan SNMPTN


F. Manfaat Penelitian
           Penelitian ini diharapkan memberi manfaat sebagai berikut:
11.  Meningkatkan wawasan mahasiswa sebagai calon guru kususnya untuk belajar memecahkan masalah pembelajaran berkaitan dengan karakteristik belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makssar melalui penelitian.
22.   Bagi Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan dalam kelancaran pelaksanaan perkuliahan, dengan mengetahui karakteristik dan hasil belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.... 

0 komentar

Post a Comment