Aspek Kognitif,
Afektif dan Psikomotorik merupakan tiga buah kata yang biasa kita dengar, yang
tidak pernah terspisahkan namun memiliki definisi yang berbeda. Sebenarnya
secara sederhana istilah tersebut mudah di pahami bahwa kognitif itu menyangkut
pengetahuan, Afektif itu berkaitan dengan sikap seseorang sedangkan
psikomotorik itu sendiri adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan
keterampilan seseorang. Dalam dunia pendidikan, ketiga apek ini menjadi yang
utama dalam menilai seorang siswa atau peserta didik. Berikut ini akan
dijelaskan bagaimana yang dimaksud dengan penilaian-penilaian tersebut.
Ranah kognitif adalah ranah yang
mencakup kegiatan mental (otak). Menurut Bloom, segala upaya yang menyangkut
aktivitas otak adalah termasuk dalam ranah kognitif. Ranah kognitif
berhubungan dengan kemampuan berfikir, termasuk didalamnya kemampuan menghafal,
memahami, mengaplikasi, menganalisis, mensintesis, dan kemampuan mengevaluasi.
Dalam ranah kognitif itu terdapat enam aspek atau jenjang proses berfikir,
mulai dari jenjang terendah sampai dengan jenjang yang paling tinggi. Keenam
jenjang atau aspek yang dimaksud adalah:
Pengetahuan:
menyebutkan, menunjukkan, menyatakan, menyusun daftar dsb.
Pemahaman :
menjelaskan, menguraikan, merumuskan, menerangkan, menyadur dsb.
Penerapan :
mendemonstrasikan, menghitung, menghubungkan, membuktikan, dsb.
Analisis :memisahkan,
mmemilih, membandingkan, memperkirakan dsb.
Evaluasi :
menyimpulkan, mengkritisi, menafsirkan, memberi argumentasi, dsb
Kreasi :
mengkombinasikan, mengarang, menciptakan, mendisain, mengatur dsb
Ranah afektif adalah ranah yang
berkaitan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif mencakup watak perilaku seperti
perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai. Beberapa pakar mengatakan bahwa sikap
seseorang dapat diramalkan perubahannya bila seseorang telah memiliki kekuasaan
kognitif tingkat tinggi. Ciri-ciri hasil belajar afektif akan tampak pada
peserta didik dalam berbagai tingkah laku. Seperti: perhatiannnya terhadap mata
pelajaran pendidikan agama Islam, kedisiplinannya dalam mengikuti mata
pelajaran agama disekolah, motivasinya yang tinggi untuk tahu lebih banyak
mengenai pelajaran agama Islam yang di terimanya, penghargaan atau rasa
hormatnya terhadap guru pendidikan agama Islam dan sebagainya. Ranah afektif menjadi
lebih rinci lagi ke dalam lima jenjang, yaitu: (1) receiving (2) responding (3)
valuing (4) organization (5) characterization by evalue or calue complex.
Penerimaan :
menanyakan, memilih, mengikuti, menjawab, melanjutkan, dsb
Partisipasi : melaksanakan,
membantu, menawarkan diri, menyambut, dsb
Penilaian :
melaksanakan, mengambil prakarsa, mengusulkan, membela dsb.
Organisasi :
berpegang pada, mengintegrasikan, mengubah, mempertahankan dsb
Pembentukan Pola :
bertindak, menyatakan, memperlihatkan, mempersoalkan dsb
Ranah Psikomotorik adalah ranah yang
berhubungan dengan aktivitas fisik, misalnya lari, melompat, melukis, menari,
memukul, dan sebagainya. Hasil belajar ranah psikomotor dikemukakan oleh
Simpson (1956) yang menyatakan bahwa hasil belajar psikomotor ini tampak dalam
bentuk keterampilan (skill) dan kemampuan bertindak individu. Hasil belajar
psikomotor ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari hasil belajar kognitif
(memahami sesuatu) dan dan hasil belajar afektif (yang baru tampak dalam bentuk
kecenderungan-kecenderungan berperilaku).
Persepsi :
membedakan, menunjukkan, memilih, menghubungkan dsb
Kesiapan (menyiapkan
diri fisik/mental) : mengawali, bereaksi, mempersiapkan, menanggapi,
memprakarsai, dsb.
Gerakan terbimbing
(meniru contoh) : mempraktikan, mengikuti, mengerjakan, membuat, mencoba, dsb.
Gerakan terbiasa
(berpegang pada pola): mengoperasikan, memasang, mendemonstrasikan,
mengerjakan, dsb.
Gerakan kompleks
(berketerampilan secara lancar,luwes,gesit): mengoperasikan, mendemonstrasikan,
mengerjakan, dsb.
Penyesuaian pola
gerak bervariasi dan kreatif : mengubah, mengadaftasikan, membuat variasi,
merancang, menciptakan, mendesain, merencanakan dsb.
Demikianlah
penjelasan singkat mengenai Penilaian Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik.
Semoga bermanfaat. ^_^
0 komentar
Post a Comment