Tiga Kunci Sukses Memulai Usaha Menurut Habibie

Siapa yang tidak kenal dengan Habibie. Salah satu ilmuwan yang cukup berpengaruh di dunia yang berasal dari Indonesia. Presiden Republik Indonesia yang ke 3 ini  mengungkapkan ada tiga macam cara untuk menjadi wirausaha yang sukses. "Jika tiga syarat terpenuhi, Anda tidak perlu melamar pekerjaan." Ungkapnya.

Habibie menjelaskan, yang dimaksud dengan ketiga pilar tersebut adalah sebagai berikut:

1. Paham Orientasi Pasar
"Kita harus berorientasi pasar. Karena, waktu memulai usaha di Indonesia, dalam membuat pesawat, tahap pertama, saya mengambil lisensi buat pesawat dan bersikap progresif," ujarnya.  Perhatikan peluang usaha di sekitar Anda, apakah memiliki konsumen yang luas dan membutuhkan produk Anda atau tidak.

2. Disiplin dalam meningkatkan Produktivitas
Tidak sedikit para pengusaha bangkrut karena menyentuh titik jenuh usaha dan tidak memiliki ide pengembangan selanjutnya. Yang Anda harus lakukan adalah melakukan perencanaan secara progresif. "Jadi, bukan hanya meningkatkan nilai tambah, tapi produknya sesuai pasar," ujarnya. Sementara itu, yang dimaksud dengan disiplin adalah dalam melaksanakan sesuatu harus sesuai kebutuhan masa depan dan menciptakan produktivitas untuk masyarakat banyak.

3. Sinergi Agama, Usaha dan Budaya
Ketiga hal ini jika saling bersinergi maka Anda tidak perlu lagi mengejar uang, tapi uanglah yang mengejar Anda. Ciptakanlah usaha yang sesuai dengan agama dan budaya masing-masing .," jelas Habibie.

Demikian kiat-kiat  yang disampaikan oleh bapak Prof. Dr. Ing. BJ. Habibie agar bisa menjadi wirausahawan sukses. Semoga tips yang disampaikan oleh beliau dapat memberi manfaat untuk anda pengunjung setia Fullpaper.

1 komentar

Anonymous

ilmu baru nih :D

Post a Comment