Misteri Kota Biru di India

Kota Jodhpur menjadi obyek wisata bukan hanya karena berbagai macam warisan budaya yang bisa disaksikan. Namun juga pemandangan unik karena semua penduduknya suka warna biru.

Kota di India ini merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang terbilang popular. Kota ini memiliki situs berupa istana dan kuil-kuil, kota yang terletak 335 kilometer barat dari ibukota negara bagian, Jaipur, ini juga dikelilingi tembok batu tebal.

Selain itu, Jodhpur juga menyimpan pemandangan yang unik. Seluruh rumah dan bangunan yang ada di kota Jodhpur diberi warna biru. Sehingga kota ini terkenal dengan julukan “Kota Biru”.

Tak pelak, justru pemandangan seperti inilah yang mengundang misteri. Aneka komentar pun bakal berseliweran saat penduduk setempat ditanyakan alasan mengapa mereka mengecat rumah menjadi biru.

Secara garis besar, setidaknya ada tiga alasan penduduk setempat menjadikan biru sebagai warna favorit. Pertama, warna biru dipilih mengikuti orang-orang berkasta Brahmana yang selalu mengecat rumah mereka dengan warna biru, karena dewa-dewa biasanya selalu berwarna biru, seperti halnya Dewa Khrisna kecil.

Kedua, warna biru untuk mengusir nyamuk. Dan ketiga, warna biru dipercaya untuk mendinginkan suasana rumah.

Guna menikmati keindahan lanskap Jodhpur, bisa dilihat dari Benteng Meherangarh. Benteng dengan tembok setinggi 35 meter ini memiliki jendela-jendela batu untuk melihat pemandangan di luar.

Dari tempat inilah kita bisa mengagumi jajaran rumah biru yang sampai kini masih diselimuti misteri. 

0 komentar

Post a Comment